Kewajiban IMF, Juga Bank Dunia

Penulis: Sigrun I Skogly
Tahun: 2001
Judul: The Human Rights Obligations of the World Bank and the International Monetary Fund
Edisi: Pertama
Kota, Penerbit: London and Sydney, Cavendish Publishing Limited
ISBN: 1-85941-665-9

Ringkasan: Hukum adalah alat perubahan sosial serta pelindung masyarakat yang rentan dan terugikan. Dengan posisi tersebut, Skogly mengimani bahwa hukum di dalam masyarakat merupakan hal yang utama, termasuk bagaimana hukum internasional menjaga hak asasi manusia dari kepentingan dua lembaga akbar: WB (the World Bank) dan IMF (the International Monetary Fund).

Buku ini merupakan kelanjutan dari tesis Skogly di Fakultas Hukum University of Oslo, 2000. Kesembilan tulisan menelaah perspektif hukum internasional hak asasi manusia terhadap kedua lembaga keuangan tersebut. Skogly merinci kewajiban-kewajiban kedua lembaga untuk memenuhi standar hak asasi manusia, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi program. Kewajiban dimaksud mencakup kewajiban substansial maupun prosedural, termasuk kemungkinan ganti rugi jika terjadi pelanggaran hak asasi manusia.

Simpulan Skogly jelas dan tegas, bahwa WB dan IMF sebagai subjek hukum mempunyai kewajiban untuk menghormati hak asasi manusia dalam seluruh program dan kegiatannya. Artinya, kedua lembaga dinyatakan melanggar jika membuat situasi hak asasi manusia yang lebih buruk sebagai akibat dari program dan kegiatannya. WB dan IMF juga tidak berada di bawah kewajiban untuk mempromosikan atau memenuhi hak asasi manusia, melainkan bahwa kedua lembaga secara sah dapat melakukan sebagaimana dinyatakan dalam statunya. Ringkasnya, tatabahasa hukum hak asasi manusia harus menjadi arus-utama di dalam seluruh program WB dan IMF.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: