Teroris yang Meneror Intelejen

Penyunting: Steve Tsang
Tahun: 2007
Judul: Intelligence and Human Rights in the Era of Global Terrorism
Edisi: Pertama
Kota, Penerbit:    Connecticut & London,
ISBN: 0-275-99251-9

Ringkasan: Dari ke-13 tulisan tersunting, Tsang membela nalar buku ini: Menghentikan terorisme global adalah melindungi hak asasi manusia. Posisi yang diametral ini diperikan dalam buku ini, termasuk Bom Bali, 12 Oktober 2002. Kasus bom di Kuta yang mengorbankan 202 orang dan mencederakan 209 yang lain, kebanyakan wisatawan asing, telah menampar kinerja dan jejaring intelejen.

Inilah jaman di mana akses teknologi juga dimanfaatkan untuk terorisme global, termasuk pembom bunuh diri. Dampak kemanusiaan dari teroris terhadap sistem pemerintah demokratis menempatkan posisi serba sulit dari intelejen. Untuk itu, buku ini mengambil posisi bahwa organisasi intelijen harus berpikir di luar kelaziman dan memanfaatkan semua sumber daya secara efektif dan kreatif. Organisasi intelijen harus mengatasi musuh dan sekaligus mengamankan perdamaian. Pokok krusial yang hendak dijawab buku ini sungguh menantang: Jika pemerintah dan intelijen terlalu sibuk untuk menjawab apakah tindakan pencegahan terorisme global dan perlindungan warga melanggar hak asasi manusia itu sendiri, maka pemerintah dan intelijen sudah terperangkap dalam teka-teki sialan Al Qaeda dan sejenisnya.

Mohon dibaca dengan seksama karena terorisme (global) sudah akrab di benak dan pengalaman warga Indonesia.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: