Ajak Gunakan Facebook Secara Sehat

jp

Radar Kedu/Jawa Pos
22 Juni 2012

Purworejo-Puluhan pelajar SMA, SMK dan MA dari 29 sekolah se-Purworejo mendapatkan materi dasar penggunaan fasilitas sosial jejaring sosial facebook secara sehat guna menangkal kekerasan di dunia maya.

Kegiatan ini diprakarsai Pusat Studi Islam Universitas Islam Indonesia (PSI UII) Jogja dan dipusatkan di gedung Wisma Budaya Komplek SMA N 7 Purworejo.

Koordinator Program Facebook Sehaat PSI UII Imam Samroni menuturkan kegiatan itu dilakukan setelah belajar dari banyaknya kasus cyber-bullying atau kekerasan di dunia maya yang marak terjadi di Indonesia. Kebanyakan korbannya para remaja khususnya usia SMA.

Dikatakan, data 2011 menyebutkan sedikitnya ada 178 jejaring sosial muncul di dunia maya. Facebook, merupakan jejaring sosial yang paling banyak jamaahnya di Indonesia.

Jejaring sosial yang lebih terkenal dengan sebutan FB itu menjadi masalah krusial ketika dampak negatifnya mulai dirasakan. Itulah yang mendorong PSI UII turut mengenalkan program yang berpihak kepada siswa dan remaja untuk menolak kekerasan melalui FB ini.

Menurut Imam, Indonesia terbukti kedodoran ketika menerima FB. Sebab, negara ini tak menyediakan regulasi yang tegas untuk mengaturnya. “Tujuan dari pengenalan program ini mengajak siswa mengenali, menolak dan tidak melakukan kekerasan di dunia maya. Mereka memiliki bahasa yang lebih bisa mereka tangkap untuk menghindar dari cyber-bullying,” bebernya kemarin (21/6).

Kepala SMAN 7 Purworejo Padmo Sukoco M.pd, mengaku sangat sengan menerima program tersebut. Skeolah memberikan apresiasi tinggi dengan kegiatan itu.

“Diharapkan mereka bisa menjadi mencerah di sekolah mereka masing-masing dengan berbekal materi yang disampaikan dalam program ini,” Ucapnya. (tom/kus)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: