Facebook Sehat Jadi Kurikulum Tersembunyi di Sekolah


Kamis, 21/6/2012 | Yodie Hardiyan/JIBI/Harian Jogja
http://www.solopos.com/2012/channel/jateng/facebook-sehat-jadi-kurikulum-tersembunyi-di-sekolah-195488

GUNUNGKIDUL—Siswa sekolah dinilai rawan menjadi korban kekerasan di dunia maya (cyber bullying). Sejumlah sekolah di Gunungkidul bahkan melarang siswanya membawa telepon genggam saat jam pelajaran berlangsung.

Terkait kekerasan di dunia maya itu, Pusat Studi Islam (PSI) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja menggelar sosialisasi penggunaan situs jejaring sosial maya Facebook secara sehat di sejumlah daerah termasuk Gunungkidul. Sosialisasi ini digelar agar kekerasan di dunia maya dapat berkurang.

Andar Prasetyo

Andar Prasetyo, Kepala MAN Wonosari

“Siswa juga harus menolak apabila diberi kekerasan,” kata Koordinator Program PSI UII, Imam Samroni, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonosari, Kamis (21/6).
Menurutnya, PSI UII menggelar sosialisasi ini bukan agar pelajaran tentang Facebook dimasukkan ke dalam kurikulum. “Tapi lebih mengarah agar menjadi bagian dari hidden curriculum (kurikulum tersembunyi),” kata Imam.

Menurut PSI UII, Facebook sebagai media sosial dapat difungsikan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Facebook memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi beasiswa, mengabarkan prestasi sekolah atau mendukung kepedulian terhadap warga yang sedang susah.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, banyaknya kasus yang bersumber dari Facebook perlu menjadi perhatian khusus. “Perlu dicari jalan keluar untuk penggunaan Facebook yang baik,” kata Imawan.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: