Sosialisasi Facebook Sehat


21 Jun 2012 17:50 WIB
http://sindoradio.com/news/detail/1627/sosialisasi-facebook-sehat

Yogyakarta – Facebook yang sudah lazim di gunakan masyarakat dari usia anak-anak hingga orang tua ternyata penggunanya rentan terhadap kekerasan didunia maya atau cyberbullying. Cyberbulling, termasuk diantaranya wall yang berisikan  kata kasar, cemooan, dan kata kotor.

Menurut Imam Samroni koordinator program Pusat Studi Islam UII saat sosialisasi facebook sehat di MAN Wonosari, mengatakan dari survei Indonesia terbesar no tiga pengguna facebook. dengan 43 juta pengguna,  didunia, dan dari survei  91 persen anak di indonesia pernah mengalami cyberbullying.

Semakin meningkatnya penggunaan facebook dengan menggunakan handphone, terutama dikalangan pelajar rentan terhadap cyberbulling jika tidak diawasi secara serius.

Dikatakannya, Sekolah titik terlemah karena disana pelajar menggunakan facebook, namun guru belum mengetahui cara penggunaannya, hal ini titik lemah pengawasan.selain itu,indonesia belum siiap regulasi, untuk melindungi warganya dari kekerasan dunia maya.

Ia menambahakan, bahwa budaya masyarakat yang menganggap bahwa cyberbulling aib keluarga hal itu menyebabkan sulitnya pengungkapan kasus. Meski diakuinya, cyberbulling di yogyakarta sedikit namun kasusnya meningkat Setiap tahunnya.

Sementara kepala sekolah MA wonosari, Andar Prasetyo, mengatakan untuk mengantisipasi penggunaan FB disekolah pihaknya mengumpulkan seluruh hp siswa disimpan, diambil jam pelajaran selesai.

Dikatakannya bahwa sekolah juga bertanggung jawab terhadap perkembangan siswa, oleh sebab itu pihaknya berusaha untuk menjaga moral setiap anak didiknya dengan pengguanan internet sehat.

Sementara, wakil bupati Gunungkidul, Imawan Wahyudi mengatakan, pentingnya sosialisasi disekolah, terkait penggunaan internet sehat. Dikatakannya, Dunia maya itu jauh lebih berbahaya, karena penggunanya beragam.

Kedepan, sosialisai internet sehat hendaknya juga dilakukan untuk karang taruna di setiap desa. (M.Yuwono/MKS)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: