Wabup Gunungkidul Dukung Program Facebook Sehat


Tribun Jogja – Kamis, 21 Juni 2012 21:01 WIB
http://jogja.tribunnews.com/2012/06/21/wabup-gunungkidul-dukung-program-facebook-sehat
Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL  – Wakil Bupati Imawan Wahyudi, yang hadir dalam sosialisasi facebookan sehat tolak kekerasan, tersebut menilai bahwa terdapat kasus moral dan kriminal bermula dari Facebook. Imawan menjelaskan bahwa hal itu, bisa menjadi perhatian yang serius semua pihak termasuk pemerintah.

“Sebagai jalan keluar dan solusi atas efek negatif dari facebook. Sosialisasi sekolah sangat tepat, apalagi menyasar usia produktif, termasuk karangtaruna, ” jelasnya.

Sementara salah satu siswa kelas XI MAN Wonosari, Alifa (16) mengaku bahwa facebook sangat asyik. Biasanya warga Kelor, Karangmojo ini, menggunakan facebook melalui handphonenya untuk menyapa teman dan ngrumpi. “Tapi hanya seminggu sekali karena dikontrol orang tua saya, ” tandasnya.

Imawan Wahyudi, Wakil Bupati Gunungkidul

Imawan Wahyudi, Wakil Bupati Gunungkidul, di MAN Wonosari

Koordinator Pusat Kajian Islam Universitas Islam Indonesia (UII) Imam Samroni mengkampanyekan facebookan dengan cara yang sehat. Hal itu dimaksudkan agar, media sosial mampu membangun dan mengedukasi masyarakat.

“Berdasar pada penelitian, media sosial memang sangat rentan terhadap praktek Cyber Bullying. Apalagi facebook menjadi salah satu media sosial yang digandrungi semua kalangan,” jelasnya saat melakukan sosialisasi Facebookan sehat di MAN Wonosari, Kamis (21/6/2012).

Menurutnya, Cyberbulling yang terindikasi dalam facebook, termasuk diantaranya wall yang berisikan kata kasar, cemoohan dan juga kata-kata kotor. Bahkan, dari penelitian siswa di DIY bahkan pernah mengalami penipuan yang berakibat kekerasan dan pelecehan seksual melalui facebook. (*)

Penulis: Igt Agung Ismiyanto     ||     Editor: M Iwan Al Khasni SIP

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: