Mendigitalkan Desa di Indonesia: Konstruksi Sosial Tentang Pelibatan Warga yang Membangun Desa Dalam Era Informasi

Makalah disusun untuk tugas matakuliah Pembangunan, SDM dan Perubahan Sosial, SPS 619, Semester II 2010-2011, Pengajar: Dr. Suharko, Prof. Dr. Tadjudin Nur Effendi, Drs. Suharman. M.Si.

Posisi desa-desa di Indonesia yang negara kepulauan merupakan pembenaran untuk pembangunan desa digital. Program ini melibatkan para pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, kekuatan industri, dan organisasi masyarakat sipil. Program desa digital merujuk pada USO (Universal Service Obligation), yang mensyaratkan fasilitasi pembangunan jaringan telepon pedesaan.

Desa digital dikategori menjadi tiga, yaitu pertama, desa yang “cenderung” difasilitasi pemerintah; kedua, pengembangan kategori pertama dengan fasilitasi dari sumber yang lain; dan ketiga, prakarsa masyarakat untuk mengembangkan desa digital.

Desa digital membangun keterhubungan antar-warga dalam ekonomi pasar dengan berdasar teori “human development”. Desa digital merupakan keputusan politik pemerintahan. Kondisi terakhir, dasar hukum desa digital sudah ditetapkan, kelembagaan dioptimalkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya pemerintah, code of conduct disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan, dengan optimisme tentang kemanfaatan desa digital di Indonesia. Desa digital merupakan simpul yang mempertautkan masyarakat informasi, ekonomi berbasis pengetahuan, ekonomi digital, industri kreatif, juga dukungan untuk pengembangan SDM.

Selengkapnya klik Makalah_Pembangunan, SDM dan Perubahan Sosial_Imam Samroni–

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: