Pilperut 2014 di GTS II

Berdasar risalah keputusan rapat RT, 12 April, diputuskan pelaksanaan Pilperut (Pemilihan Pengurus RT) pada Rabu Kliwon, 16 April 2014 di gedung PAUD. Sebagai warga baru di Perum GTS II Petir, saya terdaftar dan mempunyai hak untuk memilih pengurus RT masabakti 2014-2019. Apa yang menjadi tatabahasa Pemilu 2014 pun ternyatakan di tingkat basis dusun: SMS dukungan calon ketua, sekretaris, dan bendahara RT sempat bersahutan, di samping plesetan dan guyonan yang lain.

Monografi yang terterima sebagaimana terlampir di undangan adalah sebagai berikut. Terdapat 20 nama yang mempunyai hak pilih sekaligus menjadi calon ketua, sekretaris, dan bendahara RT. Sedangkan yang mempunyai hak pilih pengurus (seperti saya) sebanyak 13 warga. Jadi total terdapat 34 warga dan/atau KK yang melibatkan diri di dalam praksis demokrasi tersebut.

Setelah dilaksanakan pemilihan secara langsung dengan menulis tiga calon pengurus, maka yang terpilih adalah Bapak Dalimin (Ketua, 12 suara), Chr. Saptijanto Purnomo (Sekretaris, 11 suara), dan Sameto (Bendahara, 7 suara). Pada saat melihat hasil rekapitulasi suara tercatat bahwa Pak Chr. Saptijanto Purnomo mendapat pilihan terbanyak sebagai sekretaris dan bendahara (8 suara). Walhasil, dengan memertimbangkan saran Pak Sujarwo (petahana ketua RT dan kalah suara) agar bendahara diputuskan yang mendapat suara terbanyak kedua, yaitu Pak Sameto, maka pelaksanaan Pilperut 2014 cukup satu kali putaran. Arkian, segelas teh hangat, penganan, dan semangkuk soto pun mengkrabkan keguyuban warga.

Bukankah mengenali kembali kebersahajaan itu sublim di tengah perumitan pelaksanaan Pemilu 2014, misalnya dilihat dari jurusan pembiayaan yang niscaya tertanggung APBN? Buat saya, Pilperut menggugah kembali rakyat yang berdarah dan berdaging bukan melulu sebagai pemilih, apalagi penerima recehan Rp 25 ribu seperti kemarin.

Dokumentasi foto pribadi di:

Pilperut 2014

 

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: