Aan Anshori: Reresik Sampah, Medsos, & #KabarPalar

Beruntung Kabar Palar bisa mewawancara Mas Aan Anshori seputar Paguyuban Reresik Sampah, kuasa media sosial, dan nilai dasar tentang pentingnya proses belajar sosial untuk menjaga keberlanjutan lingkungan (hifzh al-bi’ah), sebagaimana dikonsepsi ulama’ dalam maqashid asy-syari’ah. Ihwal bersiyasah untuk hifzh al-bi’ah, dalam nalar Jawa dirumuskan oleh (alm.) Mbah Bakir, warga Ngijon, Sleman sebagai K3 (ketoro, ketari, ketarik).
Mas Aan Anshori adalah peneliti dan pekerja kemanusiaan, yang kegiatannya di sejumlah jejaring turut menanda pergerakan Indonesia mutakhir. Tak percaya, sila di-googling. Pengambilan gambar oleh Mas Jauharul Lutfi (STAPA Center) berlangsung di Hotel New Start, Prigen, Mojokerto, pada Rabu Legi, 18 November 2015.


Sebagai kehormatan, Kabar Palar memilih alunan “Ketawang Puspawarna” dengan Slendro Manyura, yang digelar Gamelan Nyai Saraswati. Jamak tahu, Puspawarna (artinya: Beraneka ragam bunga, Kinds of Flower) adalah karya KGPAA Mangkunegara IV (1811-1881). Oleh Robert Brown (etnomusikologi) dan Carl Edward Sagan (astronom), Puspawarna direkom sebagai komposisi musik terbaik di jagad ini dan bersama dengan 26 komposisi lainnya diperdengarkan pada urutan kedua di luar angkasa melalui projek NASA “Voyager I” pada 1977: Suatu ucapan salam kepada makhluk luar angkasa manapun yang menemukannya. Dan setelah setelah 38 tahun Puspawarna mengangkasa, Mas Aan menyegarkan ingatan tentang semesta siber melalui media sosial. Salam dari Palar.

 

 

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: