Gerbang Raja Tegaltirto untuk Hari Aksara Internasional ke-50

Pernyataan Pers Lembaga Cahaya Nusantara
Nomor: 8/YJ/IX/2016
Gerbang Raja Tegaltirto untuk Hari Aksara Internasional ke-50
Kamis, 8 September 2016

logo-yantra1

Latar Belakang
”Membaca” dan juga “menulis” merupakan dasar untuk berbahasa. Khasanah Nusantara menyimpan makna dan matra yang luas karena merupakan produk dari linimasa panjang yang melibatkan berbagai sikap sosial budaya dalam periode tertentu. Khasanah Nusantara yang jumlahnya sangat besar tersebut merupakan salah satu sumber penting yang dapat menjelas¬kan lapisan-lapisan masa lalu dan untuk membaca secara kontekstual proses berbangsa dan bernegara dewasa ini. Dengan arif kita menelaah ihwal berbangsa dan bernegara ternyata tidak pernah cukup hanya diselesaikan melalui lesan: Dibutuhkan desain masyarakat membaca dan masyarakat belajar, dengan tanggung jawab dan tanggung gugat para pihak.


Asosiasi, asimilasi, dan akulturasi peradaban yang berproses berabad-abad di Nusantara memperjelas dialog kebudayaan tersebut. Proses panjang inilah yang menyatakan khasanah Nusantara, termasuk teks dan konteks yang ternyatakan melalui aksara Jawa, di samping aksara-aksara Nusantara yang lain. Di dalam semangat inilah, juga untuk mengapresiasi 50 Tahun Hari Aksara Internasional yang diselenggarakan UNESCO “Membaca masalalu, menulis masadepan,” Yantra Jogja menyelenggarakan program “Gerbang Raja [Gerakan Bangga Aksara Jawa] Tegaltirto”.
“Gerbang Raja [Gerakan Bangga Aksara Jawa] Tegaltirto” merupakan program dengan rangkaian kegiatan pembelajaran beraksara Jawa; penggunaan aksara Jawa untuk identitas dan produk warga Tegaltirto; serta penelaahan potensi Desa Tegaltirto sebagai pendukung “Berbah Minapolitan” dan program lain.

Acara
1. Penandatanganan MoU “Gerbang Raja [Gerakan Bangga Aksara Jawa] Tegaltirto” antara Lembaga Cahaya Nusantara dengan Pemerintah Desa Tegaltirto, Berbah, Sleman;
2. Pidato Kebudayaan, “Hanacaraka dan Hari Aksara Internasional: Makna Kebermanfaatan untuk Gerbang Raja [Gerakan Bangga Aksara Jawa] Tegaltirto” oleh R. Toto Sugiharto, sastrawan Jogja.
3. Kursus Gaul Beraksara Jawa, oleh Joko Genk Kobra

Tempat & Waktu
Gedung Riptaloka Balai Desa Tegaltirto, Berbah, Sleman
Kamis Legi, 8 September 2016 09:00-11:45 WIB

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: